Pages

Kamis, 11 Oktober 2012

simbol bahan berbahaya dan beracun



Simbol ini menunjukkan suatu bahan yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. menyebabkan iritasi ( terbakar ) pada kulit.
2. menyebabkan proses pengkaratan pada lempeng baja SAE 1020   dengan laju korosi >6,35 mm/tahun dengan temperatur pengujian 550C
3. mempunyai pH sama atau kurang dari 2 untuk B3 bersifat asam dan sama atau lebih besar dari 12,5 untuk B3 yang bersifat basa.




Simbol ini menunjukkan paparan jangka pendek, jangka panjang atau berulang dengan bahan ini dapat menyebabkan efek kesehatan sebagai berikut:
              
a)      Karsinogenik yaitu penyebab sel kanker;
b)      Tetragenik yaitu sifat bahan yang dapat mempengaruhi pembentukan dan pertumbuhan embrio
c)      Mutagenic yaitu sifat bahan yang menyebabkan perubahan kromosom yang berarti dapat merubah genetika
d)     Toksisitas sistemik terhadap organ sasaran spesifik;
e)      Toksisitas terhadap sistem reproduksi dan/atau gangguan saluran pernafasan

        
Simbol ini untuk menunjukkan suatu bahan yang dapat menimbulkan bahaya terhadap lingkungan. Bahan kimia ini dapat merusak atau menyebabkan kematian pada ikan atau organisme aquatic lainnya atau bahaya lain yang dapat ditimbulkan, seperti merusak lapisan ozon (misalnya CFC = Chlorofluorocarbon), persistent di lingkungan (misalnya PCBs = PolychlorinatedBiphenyls).





Simbol ini menunjukkan suatu bahan yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
a)    Padatan maupun cairan yang terjadi kontak secara langsung dan/atau terus menerus dengan kulit atau selaput lendir dapat menyebabkan iritasi atau peradangan;
b)      Toksisitas sistemik pada organ target spesifik karena paparan tunggal dapat menyebabkan iritasi pernafasan, mengantuk atau pusing;
c)      Sensitasi pada kulit yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit
d)     Iritasi/kerusakan parah pada mata yang dapat menyebabkan iritasi  serius pada mata

        
Simbol ini menunjukkan suatu bahan yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
a)      Sifat racun bagi manusia, yang dapat menyebabkan keracunan atau sakit yang cukup serius apabila masuk kedalam tubuh melalui pernafasan, kulit atau mulut. Penentuan tingkat sifat racun ini didasarkan atas uji LD 50 (amat sangat beracun, sangat beracun dan beracun).
b)      Sifat bahaya toksisitas akut.



             
Simbol untuk klasifikasi yang bersifat mudah menyala










 
Simbol ini menunjukkan suatu bahan yang dapat melepaskan banyak panas atau menimbulkan api ketika bereaksi dengan bahan kimia lainnya, terutama bahan-bahan yang sifatnya mudah terbakar meskipun dalam keadaan hampa udara.







 
       
Simbol ini menunjukkan suatu bahan yang pada suhu dan tekanan standar (250C,760 mmHg) dapat meledak dan menimbulkan kebakaran atau melalui reaksi kimia dan/fisika dapat menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi yang dengan cepat dapat merusak lingkungan disekitarnya.

0 komentar:

Poskan Komentar